Pembagian jenis sampah atas dasar sifat
Pembagian jenis sampah atas dasar sifat

Terdapat pembagian jenis sampah atas dasar sifat yakni:

(a)          sampah yang mudah membusuk

(b)          sampah yang tidak mudah membusuk

(c)           sampah yang mudah terbakar

(d)          sampah yang tidak mudah terbakar.

Dalam ilmu kesehatan lingkungan, pembagian macam sam-pah yang sering dilakukan ialah gabungan dari cara pembagian di atas. Sampah dibedakan atas:

1. Garbage, ialah sisa pengelolaan ataupun sisa makanan yang mudah membusuk.

2. Rubbish, ialah bahan atau sisa pengelolaan yang tidak mudah membusuk, yang dibedakan atas:

(a)          yang mudah terbakar seperti kayu, kertas;

(b)          yang tidak mudah terbakar seperti kaleng, kaca.

3. Ashes, ialah segala jenis abu, misalnya yang terjadi sebagai hasil pembakaran kayu, batu bara di rumah-rumah ataupun industri.

4. Dead animal, ialah segala jenis bangkai terutama yang besar, seperti kuda, sapi, kucing, tikus. Bangkai binatang kecil seperti cecak, lipas tidak termasuk ke dalamnya.

5. Street sweeping, ialah segala jenis sampah atau kotoran yang berserakan di jalan, karena dibuang oleh pengendara mobil ataupun oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

6. Industrial waste, ialah benda-benda padat sisa yang merupakan sampah hasil industri. Misalnya industri kaleng dengan potongan-potongan sisa kaleng yang tidak dapat diperguna-kan.

PENGELOLAAN SAMPAH:

Sebagai sesuatu yang tidak dipergunakan lagi, yang tidak dapat dipakai lagi, yang tidak disenangi dan yang harus dibuang, mtdrat sampah tentu saja harus dikelola dengan sebaik-baiknya, sedemikian rupa sehingga hal-hal yang negatif bagi kehidupan tidak sampai terjadi. Dalam ihnu kesehatan lingkungan, suatu pengelolaan sampah dianggap baik jika sampah tersebut tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit serta sampah tersebut tidak menjadi medium perantara menyebar luasnya suatu penyakit. Syarat lainnya yang harus terpenuhi dalam pengelolaan sampah ialah tidak mencemari udara, air atau tanah, tidak menimbulkan bau (segi estetis), tidak menimbulkan kebakaran dan lain sebagainya.

Dalam ilmu kesehatan lingkungan, 1..embicaraan tentang pengelolaan sampah meliputi tiga hal pokok yakni:

1.            Penyimpanan sampah (refuse storage)

2.            Pengumpulan sampah (refuse collection)

3.            Pembuangan sampah (refuse disposal), ke dalamnya termasuk pengangkutan sampah dan sekaligus pula pemusnahan sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here