Ciri Rumah atau bangunan yang sehat
Ciri Rumah atau bangunan yang sehat

Rumah atau bangunan yang sehat haruslah mempunyai suhu yang diatur sedemikian rupa sehingga suhu badan dapat dipertahankan. Jadi suhu dalam ruangan harus dapat diciptakan sedemikian rupa sehingga tubuh tidak terlalu banyak kehilangan panas atau sebaliknya tubuh tidak sampai kepanasan. Jika tubuh terlalu banyak kehilangan panas, akan timbul pelbagai macam kelainan, misalnya penyakit chilblains, trench foot dan frostbite, yang banyak diderita para pekerja yang berada di ruangan yang terlalu dingin. Sebaliknya jika udara terlalu panas, akan timbul pula pelbagai penyakit seperti heat cramps, heat exhaustion, dan heat stroke, yang dialami oleh seseorang yang berada di dalam gedung dengan suhu yang tinggi.

Adapun proses kehilangan panas dari tubuh, secara garis besarnya dapat dibedakan atas 4 macarn yakni:

1.            Karena radiasi, yakni berpindahnya panas dari tubuh ke benda sekitarnya yang lebih dingin, tetapi udara sekitar tidak mengalami perubahan.

2.            Karena konduksi, yakni hilangnya panas dari tubuh karena udara sekitar lebih dingin dari suhu tubuh.

3.            Karena konveksi, yakni hilangnya panas dari tubuh karena terjadinya aliran udara yang lebih dingin di sekitar seseorang.

4.            Karena evaporasi, yakni hilangnya panas dari tubuh yang disebabkan karena udara di sekitar mempunyai kelembaban yang rendah.

Demikianlah, karena suhu tubuh mudah sekali dipengaruhi, maka harus dapat diatur suhu ruangan, sehingga suhu tubub tidak terpengaruh. Prinsip pokok yang dipegang ialah berusaha mendinginkan udara, jika udara sekitar terlalu panas, atau memanaskan udara, jika udara sekitar terlalu dingin. Hanya saja haruslah diingat suatu ruangan yang serasi bagi kesehatan dan atau kehidupan, tidak dipengaruhi faktor suhu saja, tetapi ada pelbagai faktor lainnya, seperti kelembaban serta aliran udara yang terjadi dalam ruangan tersebut. Sekalipun udara cukup sejuk, tetapi jika kelembaban atau aliran udara tidak sesuai, maka udara dingin terasa tidak nyaman, demikian pula sebaliknya.

Pengetahuan tentang adanya hubungan antara suhu, ke-lembaban serta aliran udara melahirkan suatu gagasan, perlu ditetapkannya suatu suhu efektif, yakni suhu yang dengan kelembaban tertentu serta aliran udara dengan kecepatan tertentu, dapat menjamin seseorang bekerja di dalamnya seefektif mungkin. Artinya dengan suhu tersebut, seseorang akan merasa nyaman karena udara tidak terlalu kering atau terlalu basah dan bersamaan dengan itu aliran udara yang terjadi tidak pula mengganggunya, jadi tidak terlalu kencang atau tidak mengalir sama sekali misalnya.

Dari pengertian yang seperti ini, segeralah mudah dipahami bahwa suhu yang efektif tersebut berbeda antara satu ruangan dengan ruangan lainnya, atau antara satu daerah dengan daerah lainnya, karena kesemuanya tergantung dari kelembaban serta aliran udara yang ada di ruangan atau daerah tersebut. Sebagai dasar untuk menghitung suhu efektif ini dipakai keadaan udara di mana kelembabannya adalah maksimum (jadi udara tersebut jenuh dan basah) serta alirannya antara 37,5 cm sampai 62,5 cm tiap menit,

Untuk membuat suhu ruangan sesuai dengan yang di-kehendaki, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:

1. Mendinginkan atau memanaskan udara:

Pendinginan udara dapat dilakukan misalnya dengan memakai air condition, sedangkan untuk memanaskan udara dapat dipakai alat yang disebut heater. Untuk memanaskan udara, dikenal beberapa cara, yakni:

(a) cara langsung, misalnya dengan meletakkan sumber panas langsung di tengah ruangan yang akan dipanasi. Contoh pemanasan langsung ialah membuat api unggun di tungku pemanas di dalam rumah;

(b)          cara tidak langsung; sumber panas berada jauh dari ruangan, maka panas dialirkan ke ruangan tersebut;

(c)           kombinasi antara cara iangsung dengan cara tidak langsung,

Untuk memanaskan ruangan, dapat dipergunakan beberapa sumber panas misalnya;

(a)          panas api,

(b)          udara yang dipanaskan, dan

(c)           air yang dipanaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here